hasil laga Liverpool vs Everton



Laga antara Liverpool vs Everton yang bertajuk derby Merseyside akhir pekan ini Sabtu (1/10/2011) dimenangkan oleh Liverpool. The Reds berhasil membungkus kemenangan 2-0 lewat gol yang dilesakkan Andy Carroll dan Luis Suarez.

Kemenangan ini seakan menutupi duka Dirk Kuyt yang gagal mengeksekusi penalti di babak pertama serta hasil negatif yang sempat ditorehkan tim Kota Pelabuhan tersebut di awal musim ini.

Berkat raihan sempurna ini, Liverpool makin mengukuhkan tempat di papan atas klasemen dengan raihan 13 poin. Sementara, kekalahan Everton atas tetangganya tersebut, membuat Everton masih tertahan di papan bawah klasemen

Bermain di Goodison Park, Liverpool yang tampil dengan sejumlah pemain pilarnya coba memaksimalkan kesempatan untuk menuntaskan ambisi meraih kemenangan.Namun, di menit awal pertandingan Everton justru mendapat beberapa peluang melalui Marouanne Fellaini, tapi tendangan lemahnya masih bergulir di samping gawang Pepe Reina.

Liverpool tidak mau ketinggalan, serangan dari sektor sayap coba digalang Luis Suarez. Namun, bola umpan Suarez masih bisa dihalau barisan pertahanan Everton. Suarez hampir mengancam gawang Everton lewat tandukannya, sayang bola terlalu lemah dan masih diamankan Tim Howard.

Begitupun dengan Everton, Tim Cahill nyaris membuka keunggulan andai sundulannya tidak bisa ditepis Reina, setelah mendapat umpan jauh dari tengah lapangan. Bek Sylvian Distin juga mendapat peluang lewat tendangan diagonalnya, tapi bola masih belum menemui sasaran.

The Toffes yang begitu percaya diri tidak pernah berhenti menekan. Kali ini, tendangan Louis Saha nyaris membobol gawang Liverpool. Beruntung bola masih menyamping dari gawang Liverpool.

Liverpool coba bermain lepas. Inisiatif Dirk Kuyt dan Suarez membuat permainan Liverpool hidup, kendati mendapat tekanan, tim asuhan Kenny Dalglish tersebut menunjukkan penampilan atraktif lewat serangan balik cepat.

Di menit 22, Everton harus bermain dengan 10 orang pemain setelah Jack Rodwell diusir keluar wasit karena dianggap melakukan pelanggaran keras terhadap Suarez. Situasi ini nampaknya membawa berkah buat Liverpool.

Upaya Liverpool untuk membuka keunggulan sempat didapat melalui titik putih setelah Luis Suarez dilanggar Phil Jagielka. Sial, Kuyt yang menjadi eksekutor gagal memaksimalkannya, setelah Howard bisa membaca arah bola dan menepisnya. Hingga turun minum tidak ada gol tercipta dari derby Merseyside jilid I di musim ini

Lanjut di interval kedua, Liverpool coba bermain efektif dan efisien. Mereka coba menggalang permainan dari kaki ke kaki. Namun, Everton juga tidak berhenti mengancam pertahanan Liverpool.Terbukti, Saha kembali menteror gawang Liverpool. Sepakan kerasnya dari luar kotak penalti membuat pendukung Liverpool sempat terdiam. Mujur buat Liverpool, bola lagi-lagi belum menemui sasaran.

Untuk menambah darah segar, David Moyes memasukkan mantan pemain Real Madrid, Roystone Drenthe untuk menghidupkan permainan di barisan tengah Everton. Everton seakan tidak berhenti mengancam. Saha kembali mencoba melakukan tendangan spekulasi. Namun usahanya belum bisa dikonversi menjadi gol.

Mencermati ikhtiar anak asuhnya belum membuahi hasil, Dalglish memanggil Steven Gerrard dari bangku cadangan dan menarik keluar Adam. Gol yang ditunggu Liverpool akhirnya datang juga. Umpan silang mendatar yang dikirim Jose Enrique disambut tendangan first time Andy Carroll untuk membuka keunggulan Liverpool di menit 70. 1-0 Liverpool memimpin.

Unggul satu gol, Liverpool kembali mengambil alih pertandingan. Lewat skema serangan balik cepat, Liverpool berhasil membuka pertahanan Everton. Liverpool kembali menambah golnya, kesalahan koordinasi antara Distin dan Leighton Baines saat mengamankan bola membuat si kulit bundar jatuh ke kaki Suarez. Sejurus kemudian pemain asal Uruguay itu melesakkan bola untuk menambah keunggulan Liverpool menjadi 2-0.Hingga peluit panjang dibunyikan, Liverpool tetap mengunci kemenangan dua gol tanpa balas dalam perang saudara di Merseyside.

SUSUNAN PEMAIN
EVERTON: 24-Tim Howard, 15-Sylvain Distin, 6-Phil Jagielka, 3-Leighton Baines, 2-Tony Hibbert (27-A. Vellios’79), 26-Jack Rodwell,25- Marouane Fellaini, 21-Leon Osman (18-P. Neville’70), 23-Seamus Coleman (10-R. Drenthe’59) , 8-Louis Saha, 17-Tim Cahill

LIVERPOOL: 25-Pepe Reina, 37-Martin Skrtel, 23-Jamie Carragher, 3-José Enrique, 34-Martin Kelly, 26-Charlie Adam (8-Steven Gerrard’67), 21-Lucas, 19-Stewart Downing (Craig Bellamy’67), 18-Dirk Kuyt, 7-Luis Suárez, 9-Andrew Carroll
(edo