Jembatan Tenggarong Runtuh




Sabtu (26/11/2011) sekitar pukul 16.20 WITA. Jembatan Tenggarong di Sungai Mahakam yang sangat terkenal sebagai 'Golden Gate' Kalimantan dengan panjang 1 km itu runtuh, hampir tak bersisa Tidak ada yang menyangka, lalu lintas saat itu sedang sangat ramai.

Tak cuma itu, puluhan warga juga sedang menikmati sore yang indah di pinggir jembatan yang bernama Jembatan Kutai Kartanegara itu. Tiba-tibaj saa, bruk, jembatan ambrol. Mobil-mobil dan kendaraan yang sedang melintas pun berjatuhan ke sungai.

Tak kurang 5 orang meninggal, 6 tukang becak tenggelam dan mungkin masih banyak lagi korban yang lainya. kerugian material 4 mobil tenggelam. Saat jembata runtuh sebenarnya sedang dalam perbaikan tetepi lalulintas tidak dialihkan, sehingga mungkin jembatan kelebihan beban. 30 kantong jenazah sudah ada di lapangan kalau untuk korban hilang masih ada 22 orang yang belum ditemukan.

Jembatan itu sebenarnya relatif baru saja dibangun. Jembatan penghubung Samarinda dengan Tenggarong itu baru selesai dibangun pada tahun 2002. Jembatan itu belum bisa dibilang terlalu tua