BUDIDAYA KENARI


Budidaya burung keneri. Burung kenari (serinus Canaria) merupakan burung asli dari kepulauan Canary di samudra Atlantik di sebelah barat laut pesisir africa, karena suaranya yang merdu dan bulunya yang indah maka bnyak orang yang suka, dan memeliharanya.

Burung kenri trmasuk burung yang mudah beradaptasi, sehingga mudah untuk dibudidayakan, selain mudah dibudidayakan makanan burung kenari juga sangat mudah diperoleh, karena burung kenari termasuk burung pemakan segala mulai dari milet,sawi,gambas, telur,kroto dn masih banyak lagi.

Dalam budidaya burung kenari ada beberapa faktor yang harus dipehatikan, diantaranya umur, jenis kelamin,lingkungan, dan perjodohan.

Umur kenari

Dalam budidaya kenari umur merupakan salah satu faktor penting berhasil tidaknya budidaya kenari, jangan terlalu tua atau jangan terlalu muda. Umur kenari yang baik untuk betina minimal sudah berumur 6 bulan, sedang untuk jantan 8 bulan.

Jenis kelamin

Dalam menentukan jenis kelamin burung kenari gampang-gampang susah,untuk pehobis senior menentukan jenis kelamin sangat mudah dengan melihat postur tubuh burung mereka bisa menentukan jenis kelamin, tapi bagi orang awam agak sulit. Tapi untuk mudahnya jika jantan mampu mengeluarkan kicauan yang merdu sedand betinanya tidak, kita juga bisa melihat bagian dubur jika jantan duburnya lebih menonjol sedang betina agak rata.

Lingkungan

Lingkungan sangkar kenari hrus diperhatikan, penempatan yang baik yaitu ditempel didinding dan dikanan kiri diberi tutup, Dan tidak kalah pentingnya hindarka sangkar dari gangguan cicak,semut dan tikus.

Perjodohan

Setelah melalui tahap-tahap diatas tahap selanjutnya yaitu menjodohkan kenari jantan dan betina. Sebelum kita menyatukan kedua burung dalam satu kandang sebaiknya kenari kita tempatkan dalam sngkar berbeda dan kita tempatkan saling berdekatan. jika jantan sudah menabrak sangkar sambil berkiau keras, dan yang betina sudah mengepak-epakkan sayap berarti kenari siap di kawinkan.

Setelah kenari dalam satu sangkar dalam beberapa hari mereka akan kawin dan bertelor. Burung kenari mengerami telornya hingga menetas kurang lebih 2 mimggu. Denikian sediit ulasan tentang budidaya enari semoga bermanfaat