Dendam Manchester United vs Leeds United


Manchester United memiliki dendam tersendiri terhadap Leeds United. Disebabkan pada bulan Januari tahun 2010 lalu secara mengejutkan Leeds Unitedberhasil mempercundangi MU 1-0 di Old Trafford dalam partai ketiga Piala FA.

Ini adalah sebuah noda hitam bagi MU yang dalam beberapa decade terakhir merupakan klub yang berpengaruh di Inggris bahkan di Eropa. Terlebih saat itu Leeds tengah bermain di League One--level ketiga Inggris. Sejak disingkirkan Bournemouth pada tahun 1984, baru kali ini MU kandas di babak ketiga oleh tim dari liga lebih rendah. Ini yang membuat MU dendam terhadap Leeds,

Leeds sendiri sebenarnya adalah musuh lama MU, di mana rivalitas tersebut mulai lahir pada dekade 1970-an silam ketika Leeds muncul menjadi salah satu kekuatan utama Inggris di bawah arahan Don Revie.

Sekarang terbuka pintu balas dendam MU terhadap Leeds karena mereka akan berhadapan lagi di Elland Road pada babak ketiga Piala Liga Inggris, Rabu (21/9/2011) dinihari WIB. MU boleh jadi takkan bermain dengan kekuatan penuh, tetapi Sir Alex Ferguson niscaya akan menurunkan beberapa pemain andalan demi menghindari luka 2010 terulang lagi.

Sementara itu Leeds, yang kini bermain di divisi Championship, sudah bertekad untuk kembali memberikan kegetiran untuk MU, yang saat ini tengah mengawali musim di Liga Primer dengan luar biasa.

"Ini merupakan peluang menggandakan keunggulan (atas MU), kan? Hasil pengundian membuat para pemain cukup antusias," ujar Manajer Leeds Simon Grayson di AFP.

"Ini adalah hasil pengundian yang bagus untuk kedua klub dan kami pernah mendapat hasil bagus di kandang mereka. Kami ingin berusaha mengulanginya di kandang kami sendiri," tegasnya.