Hasil EL Clasico



Walaupun Real Madrid memimpin lebih dulu atas Barcelona, tapi ternyata Barcelona masih sangat tangguh bagi Madrid walaupun bermain di hadapan publik Santiago Bernabeu, Minggu (11/12/2011) dinihari WIB, Los Blancos sempat unggul cepat lewat Karim Benzema. Namun setelah itu Cesc Fabregas dkk. justru berhasil mencetak tiga gol--satu gol di babak pertama dan dua lainnya di paruh kedua--untuk mengunci kemenangan
Kemenangan 3-1 di Santiago Bernabeu tadi malam membuat Barcelona terpaut tak jauh dari rekor kemenangan Real Madrid dalam sejarah El Clasico. Mereka juga menghentikan sebuah rekor El Real di musim ini.

Gol-gol Alexi Sanchez, Xavi dan Cesc Fabregas mematahkan gol Karim Benzema di menit pertama pertandingan, dan El Barca kembali ke Catalan dengan tiga poin, plus merebut tahta klasemen sementara dari rival abadinya itu, walaupun Madrid punya satu pertandingan lebih.

Itu adalah kemenangan ke-64 Barca atas Madrid di kompetisi Liga Spanyol. Itu berarti mereka cuma terpaut empat dari jumlah kemenangan Los Blancos atas mereka.

Tapi secara keseluruhan, jumlah kemenangan Barca atas Madrid tinggal kalah satu dari sebaliknya. Dalam sejarahnya El Clasico telah tergelar 163 kali di semua ajang, 45 di antaranya berakhir seri.

Barca juga memberi Madrid kekalahannya yang kedua di musim ini, setelah Levante di pekan ketiga La Liga.

Madrid sebelum takluk dari musuh besarnya itu selalu menang di 15 pertandingan berturut-turut di semua kompetisi. Dari 15 kemenangan itu mereka mencetak 57 gol, atau rata-rata 3,8 gol per game.

Rekor head-to-head

La Liga
Madrid menang 68 kali
Barca menang 64 kali
Seri 21 kali
Madrid mencetak 264 gol, Barca 255 gol
Jumlah pertandingan: 163

Seluruh pertandingan kompetitif
Madrid menang 86 kali
Barca menang 85 kali
Seri 45 kali
Madrid mencetak 362 gol, Barca 350 gol
Jumlah total pertandingan: 216