Jelang El Clasico


Jelang El Clasico Kamis (19/1/2012) dini hari WIB, laga antara Barcelona dan Real Madrid ini terjadi pada perempat final leg pertama turnamen Copa del Rey. Pertandingan ini adalah ulangan atas laga Final musim lalu dan merupakan pertemuan ke delapan Real Madrid dan Barcelona dalam 13 bulan.

Jelang El Clasico Situs resmi Barcelona membeber beberapa fakta El Clasico, terkait laga pertaruhan kehormatan antara dua jawara Spanyol itu:


- Laga terakhir andara Madrid dan Barca di turnamen ini terjadi pada partai Final di Valencia. Saat itu Madrid menang berkat sebuah gol dari Christiano Ronaldo di masa perpanjangan waktu.
- Pertandingan itu adalah satu dari delapan laga musuh bebuyutan ini dalam 13 bulan dan satu-satunya yang dimenangkan Madrid. Barca menang 4 kali, sementara 3 laga lainnya berakhir imbang.
- Pertandingan yang mempertemukan dua tim ini dalam laga kandang dan tandang Copa del Rey terakhir terjadi pada 1996/1997. Barca unggul berkat hasil 3-2 di Camp Nou dan imbang 1-1 di Bernabéu.
-Jose Mourinho adalah assistant manager Barcelona saat pelatih Barcelona kini Pep Guardiola, masih berlarian di lapangan sebagai pemain.
-Sejarah historis hanya beda tipis antara dua tim ini di turnamen Copa del Rey. Dalam 17 pertemuan, Barca menang 9 dan Madrid 8.
- Barca juga menjungkirkan Madrid dalam dua laga sistem kandang dan tandang yakni pada Semifinal Liga champions 2010/2011 dan Semifinal Piala Super Spanyol 2011.
- Dalam 10 musim terakhir, Barcelona telah menembus 7 kali Perempatfinal Copa del Rey dan Madrid hanya 5 kali
- Madrid menembus Perempatfinal dengan menghantam Ponferradina 7-1 (agregat) dan Malaga 4-2. Sedangkan Barcelona mencukur L’Hospitalet 10-0 (agregat) dan Osasuna 6-1.
- Pencetak gol terbanyak Madrid dalam turnamen ini adalah Callejon dengan tiga gol.
- Messi, Iniesta, Tello, Cesc, Cuenca dan Thiago masing-masing mencetak dua gol untuk Barcelona di turnamen ini.
- Pinto adalah satu-satunya pemain yang pernah bermain selama 90 menit untuk 4 laga bersama Barcelona.